Home » » Perkenalkan Danau Toba di Luar Negeri Lewat 'Lake Toba Culture Week'

Perkenalkan Danau Toba di Luar Negeri Lewat 'Lake Toba Culture Week'

     Lake Toba Cultura Week 2018 telah diselenggarakan di Malaysia demi memperkenalkan kebudayaan khas 
       Sumatera Utara dan meningkatkan kunjungan wisman asal Malaysia. (Dok. Lake Toba Cultura Week 2018)


Marcvila, Jakarta - Sumatera Utara sangat lekat dengan budayanya terutama destinasi wisata yang menawan di Danau Toba. Wisatawan yang mengunjungi Danau Toba tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga berasal dari luar negeri khususnya Malaysia.
Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisman asal Malaysia, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan Kementerian Pariwisata mengembangkan promosi dan pemasaran untuk pasar Malaysia melalui kegiatan cultural show di Malaysia, dengan tajuk Lake Toba Cultura Week 2018.

 Acara sudah diselenggarakan sejak pekan lalu selama lima hari pada tanggal 9-13 November 2018, bertempat di Departure Hall, Level 3, KLIA2, Sepang Malaysia.

Kegiatan ini mengangkat seni dan budaya Batak yang hidup dan berkembang di Kawasan Danau Toba seperti penampilan Tari Tor Tor Manduda Simalungun, Penenun dari Porsea Tobasa, Penampilan Tari Tor Tor Sawan, dan Penampilan Instrumen Tradisional Batak.

Dalam kesempatan ini juga, BPODT menggandeng Sanggar Dolok Sipiak dari Parapat,  Kabupaten Simalungun, yang mengirimkan delegasi keseniannya sebagai tindak lanjut dari pembinaan sanggar-sanggar seni.

Selain kegiatan pentas seni budaya, dilakukan juga pemutaran video promosi serta pelayanan informasi pariwisata di Kawasan Danau Toba.

Lake Toba Cultura Week 2018 juga merupakan upaya penyebar luasan informasi adanya perkembangan aksesibilitas terbaru yaitu penerbangan langsung dari Kuala Lumpur (Subang dan KLIA2) ke Bandara Internasional Silangit di Tapanuli Utara, Kawasan Danau Toba. Penerbangan langsung ini diharapkan dapat menarik minat lebih calon wisman Malaysia untuk berkunjung ke Danau Toba, mengingat jarak tempuh hanya diperlukan selama satu jam penerbangan saja.



Indonesia masih terus berusaha keras merebut pasar di dunia pariwisata internasional, terutama di kawasan Asia Pasifik, dalam rangka mencapai target pariwisata nasional yaitu 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 275 juta perjalanan wisatawan nusantara di tahun 2019. Di sisi lain, Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas, juga ikut bersaing dengan destinasi prioritas lain untuk merebut pasar wisman.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts